Jumat, 17 Desember 2010

Tips untuk Merawat Baterai Ponsel / Handphone

     Merawat baterai ponsel/handphone sangatlah penting sebab fungsi baterai ibarat nyawa pada handphone. Kalau baterai drop akan susah juga, apalagi ponsel kita sering digunakan untuk berbisnis, bisa-bisa bisnis gagal hanya karena baterai ponsel ngedrop. Berikut ini adalah beberapa tips agar baterai ponsel kita tidak cepat habis dan selalu awet: 

1. Jika sedang mengecas baterei, sebaiknya ponsel dalam keadaan mati. Jika ponsel menyala akan terjadi  arus keluar masuk secara bergantian yang akibatnya akan merusak molekul dalam baterai.

2. Kurangi menerima atau menelepon di dalam mobil. Karena pada saat itu ponsel berusaha keras mencari sinyal dari BTS terdekat. Ketika kita bergerak menjauh dari BTS maka pada saat itu ponsel berusaha mencari sinyal pada BTS yang lebih dekat. Aktivitas seperti itulah yang memakan energi baterai lumayan besar. Apalagi kita melakukan koneksi internet dalam kondisi bergerak dengan kecepatan tinggi.
 
3. Saat akan mencharge baterai ponsel, sebaiknya ponsel dikeluarkan dari leather case / sarung/kondom ponsel karena pengecasan baterai dapat menimbulkan panas yang bisa saja menyebabkan umur ponsel dan baterai anda menurun.

4. Jangan sering-sering chargering di mobil. Saat mengisi baterai dalam kendaraan, kita menggunakan pemantik api sebagai sambungan. Voltase pada kendaraan sering tidak stabil, sehingga dapat mengakibatkan tidak stabilnya arus masuk ke dalam baterai.

5. Jika umur baterai telah lebih dari enam bulan, sering-seringlah membersihkan PIN dan connector baterai dengan cotton bud atau tissue.

6. Matikan fungsi-fungsi yang tidak penting dan tidak perlu untuk digunakan, misalnya Bluetooth, kamera aktif, vibrate, GPRS.

7. Berhematlah saat mengaktifkan MP3, radio, Bluetooth, dan bermain games.

8.  Jangan biasakan main ponsel  di dalam kamar mandi,  soalnya, bisa jatuh dan rawan kena air.

9. Jangan biasakan meletakkan ponsel  di saku baju depan tanpa tali ponsel, bisa jatuh kalau lagi
membungkuk. Juga jangan di saku celana depan, karena dalam jangka lama, bisa menyebabkan kemandulan.

10 Jangan terlalu banyak dimasuki video 3GP porno, soalnya bikin ketagihan dan konsumsi baterai cepat    habis :)

11. Mohon dijaga dari jangkauan anak kecil, karena bisa dibanting itu ponsel.



 Source: dari berbagai sumber

0 comments:

Posting Komentar